Wednesday, February 1, 2023

Pulau Hatta di Banda Neira – Pulau kecil Sang Proklamator Indonesia

Must Read
Baronda Maluku
Baronda Malukuhttps://www.barondamaluku.com
Kapala Tidor & Suka Baronda Twitter @allnlatar

Dengar nama Hatta, pasti kita langsung akan terpikir dengan bapak proklamator sekaligus wapres pertama Indonesia, Bapak Moh. Hatta. Rupanya nama beliau di abadikan menjadi satu diantara nama pulau di wilayah Maluku yakni Pulau Hatta.

Pulau ini menyimpan sejuta keindahan alam yang sangat disayangkan untuk dilewati. Pulau Hatta di Kepulauan Banda ini menyimpan sejarah menarik yang harus kita ketahui. Agar semakin jauh mengenali pulau ini, berikut kami berikan sedikit penjelasannya.

📷@kataomed

Pulau Hatta adalah satu diantara pulau dari gugusan Kepulauan Banda di Maluku. Pulau Hatta berada di paling ujung timur Kepulauan Banda. Jaraknya kurang lebih 25 km dari Kepulauan Banda.

Pulau ini adalah tempat pengangsingan wapres Indonesia yang pertama, Mohammad Hatta, bersama dengan Sutan Sjahrir. Nama asli pulau ini yaitu Pulau Rozengain, akan tetapi untuk menghormati Moh.Hatta, Pemerintahan Maluku mengubah nama pulau ini menjadi pulau Hatta.

Di tahun 1936, Moh. Hatta dan Sutan Sjahrir memulai pengasingannya di Banda Naira ini seusai masa pengasingan di Boven Digul, Papua.

Mereka habiskan masa pengasingan selama enam tahun dari awal tahun 1936-1942. Disaat masa pengasingan Hatta dan Sjahrir menghabiskan waktu dengan membuat tulisan dan sering dimuat pada media diantaranya di majalah Sin Tit Po.

Kecantikan yang disuguhkan di pulau ini ialah hamparan pasir putih yang elok dibalut dengan birunya air laut dan pemandangan cantik ciri khas Kepulauan Banda. Uniknya, area pantai di pulau ini cuma berjarak beberapa mtr, dari batasan air, hingga tidak diperlukan waktu yang lama untuk dapat melihat permukaan laut yang dalam atau disebutkan palung.

Kecantikan bawah laut di pulau ini benar-benar mencengangkan dan menjadi spot favorite untuk diving dan snorkeling untuk wisatawan lokal atau luar negeri. Ikan dan terumbu karang di Pulau Hatta masih banyak dan terawat.

Baca Juga  Pantai Natsepa Destinasi Wisata Yang Melegenda
📷@anak.pulau

Selain menjadi spot favorite diving, beberapa pantai di Pulau Hatta terkenal menjadi spot panorama sunset. Sunset di Pulau Hatta ini termasuk istimewa. Gradiasi warna jingga berubah menjadi pekat saat cahaya matahari mulai meredup secara perlahan-lahan, membuat effect cantik untuk siapa saja yang menyaksikannya. Angin timur yang berembus enjoy, menemani melihat kecantikan Pulau Hatta ini.

Selain memberikan kecantikan dari sisi alamnya, Pulau Hatta mempunyai adat yang dilakukan masyarakatnya sebagai daya tarik turis. Adatnya dikenal bernama Sasi. Tradisi ini adalah larangan adat untuk mengambil sumber daya alam dalam periode waktu tertentu.

Sumber daya alam yang diartikan ialah hewan dan tumbuhan yang berada di dalam laut. Maksud dilaksanakannya Sasi ini untuk jaga ekosistem supaya tidak musnah. Oleh karena itu, alam di Pulau Hatta ini betul-betul terjaga kecantikan dan keasriannya.

📷@enzoboutaini

Akses Ketujuan Pulau Hatta Banda Naira

Apabila anda ingin berkunjung ke Pulau Hatta Banda Naira akses yang bisa dilintasi cukup mudah. Anda perlu melakukan perjalanan dari wilayah asal menggunakan pesawat ke arah Bandara Pattimura, Ambon. Sesudah sampai di bandara anda perlu menuju Pelabuhan Tulehu.

Anda dapat menyewa mobil jemputan atau taxi yang berada di tempat sekitar bandara untuk ketujuan dermaga yang memerlukan waktu lebih kurang 1,5 jam. Jangan lupa untuk mengecek jadwal kapal dari Tulehu Ke Banda Neira. 

Kapal tujuan ke Banda Naira dari Tulehu hanya beroperasi 2 kali dalam satu minggu, yaitu dari Ambon ke Banda Neira setiap hari sabtu. Dan balik dari Banda Neira Ambon pada hari selasa, harga tiket kapal ke Banda Neira yaitu Rp. 410.000 dengan lama perjalanan sekitar 6-7 jam.

Baca Juga  10 Tempat Wisata di Banda Neira yang Wajib Dikunjungi

Perjalan ini lumayan lama apalagi dengan kondisi tidak ada sinyal selama perjalanan, jadi gunakan waktu selama perjalanan untuk beristirahat.

Sesudah sampai di Banda Naira anda bisa meneruskan perjalanan menuju Pulau Hatta dengan memakai kapal. Untuk sewa sebuah kapal mesin umumnya biaya yang patok lumayan mahal yakni sekitaran Rp 500.000 dengan perkiraan waktu perjalanan 60 menit.

Bila anda ingin hemat anda bisa sewa motor yang umum disewakan oleh warga sekitar dengan ongkos sekitaran Rp 400.000 dengan perkiraan perjalanan 90 menit. Anda bisa pilih transportasi sesuai bujet yang anda punyai.

Tips buat kamu yang ingin berkunjung Ke Pulau Hatta

Akses menuju Pulau Hatta dapat dilintasi dengan angkutan laut dari Banda Naira, tapi tidak setiap waktu berangkat, berarti untuk yang tinggal di Pulau Hatta Banda Neira, tidak dapat pergi pagi pulang sore.

Bila ingin berkunjung di pulau ini tanpa bermalam, lebih bagus memakai jasa tur trip yang biasanya mempunyai kapal sendiri.

Pulau ini kurang sarana hotel, listrik, dan wisata kulineran. Nach untuk kamu yang ingin menelusuri Banda Neira janganlah lupa singgah kepulau ini. Nikmati sunset sesudah diving atau snorkling membuat trip kamu akan lebih terkesan.

Jika ingin berkunjung ke Pulau ini janganlah lupa bawa buku bacaan untuk adik-adik yang tinggal di Pulau Hatta, karena letaknya yang jauh dari pusat perkotaan hingga mereka masih kekurangan buku bacaan.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Pulau Nailaka: Pulau Cantik di Banda Yang Tidak Berpenghuni

Pulau Nailaka berada di bagian paling barat dari kepulauan Banda yang tepat berada di samping dari Pulau Rhun sehingga...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img