Wednesday, February 1, 2023

Pulau Nailaka: Pulau Cantik di Banda Yang Tidak Berpenghuni

Must Read
Baronda Maluku
Baronda Malukuhttps://www.barondamaluku.com
Kapala Tidor & Suka Baronda Twitter @allnlatar

Pulau Nailaka berada di bagian paling barat dari kepulauan Banda yang tepat berada di samping dari Pulau Rhun sehingga tempat yang paling pas menikmati matahari terbenam karena tidak terhalang oleh pulau lain.

Karena Pulau Nailaka ini kecil, bisa dikelilingi hanya dalam 10 menit jadi pulau ini juga pas untuk menikmati matahari terbit.

Pulau tidak berpenghuni ini paling cocok untuk menikmati waktu liburan apalagi kalau bisa champing dan menghabiskan malam dengan mancing bersama jutaan bintang-bintang yang bertaburan dilangit

Fakta Menarik Di Pulau Nailaka Banda

Pulau Nailaka dapat disebutkan sebagai surga tersembunyi di Banda. Kalau kamu datang di waktu yang tepat serta air lautnya sedang turun atau kering, kamu bisa jalan kaki ke pulau kecil yang cantik ini lewat Pulau Rhun. Tetapi, jika air laut sedang tinggi, perjalanan ke pulau dapat kamu tempuh dengan gunakan perahu.

Dari sekian banyak Pantai yang berada di Banda Neira menurut saya pantai dari Pulau Nailaka lah yang paling kece, karena memiliki bentuk pantai yang berubah-ubah tergantung arah angin dan ombak sebagai penentu bentuk pantai dari pulau Nailaka. .

Bentuk pantai yang paling bagus ketika musim angin timur dimana ombak dan arus laut dari timur menuju ke Barat, bentuk pantainya seperti ular yang memanjang ke arah laut hampir sama persis dengan pantai Ngurtavur yang ada di kepulauan Kei.

📷 : anoo_13

Pulau ini juga tidak berpenghuni sehingga tidak akan ada potensi untuk mengganggu aktivitas penduduk. Asal jangan berbuat yang negatif saja ya karena di pulau ini juga terdapat keramat yang sampai saat ini masih menjadi kepercayaan warga

Baca Juga  Oleh - Oleh Yang Wajib Kamu Bawa Pulang Dari Banda

Jernihnya air laut di Pulau Nailaka membuat kamu dapat menyaksikan secara langsung kehidupan bawah lautnya . Maka, janganlah sampai kamu tidak menyelam dan berinteraksi dengan biota laut yang hidup didalamnya. Sepinya pulau dari rumah warga membuat kamu seolah tengah berkunjung ke pulau pribadi. Pastikan kamu mendokumentasikan semua momen terbaik di sini, ya!

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Nailaka yaitu sekitar Oktober sampai November. Saat waktu tersebut, cuaca sedang bersahabat, ombak lautnya juga sangatlah ramah . Sehingga, disamping menyelam dan snorkeling dengan aman, kamu juga dapat menikmati eloknya matahari terbit dan terbenam di sini.

Pulau Nailaka, Banda - Maluku
📷 : anoo_13

Cara Menuju Pulau Nailaka

Untuk menuju ke Pulau Nailaka kamu dapat gunakan 2 cara.

Pertama, dengan memakai motor laut fiber kira-kira 1 jam perjalanan dengan kisaran harga Rp800.000-Rp1.000.000. Dengan cara pertama ini termasuk cukup mahal akan tetapi kamu dapat ke destinasi lain seperti ke Pulau Ai atau Pulau Rhun tak perlu menginap cukup satu hari dapat menelusuri 3 pulau.

Ke-2 , dengan memakai publik boat Pulau Rhun dengan harga Rp35.000/orang, waktu perjalanan 1,5-2 jam, setelah itu lanjut memakai ketinting dari Pulau Rhun ke Pulau Nailaka dengan harga Rp30.000-Rp50.000/sekali jalan.

Lewat cara ke-2 ini kamu dapat benar-benar mengirit ongkos, namun sedikit sulit serta harus miliki waktu yang banyak dan harus menginap sehari lagi di Pulau Nailaka.

Tips buat kamu yang ingin berkunjung ke Pulau Nailaka Banda

Pulau ini tidak memiliki penghuni, hingga fasilitas benar-benar terbatas. Untuk kamu yang ingin bermalam di Pulau Nailaka kamu dapat bawa tenda dari rumah.

Janganlah lupa untuk bawa stok makanan,minuman dan obat-obatan, karena di Pulau Nailaka ini tidak ada yang menyediakan.

Baca Juga  Pantai Natsepa Destinasi Wisata Yang Melegenda
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Pulau Hatta di Banda Neira – Pulau kecil Sang Proklamator Indonesia

Dengar nama Hatta, pasti kita langsung akan terpikir dengan bapak proklamator sekaligus wapres pertama Indonesia, Bapak Moh. Hatta. Rupanya...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img