x
Benteng Belgica: Benteng yang Muncul pada Gambar Uang Pecahan Seribu Rupiah

Benteng Belgica: Benteng yang Muncul pada Gambar Uang Pecahan Seribu Rupiah

Pernahkah Anda mendengar tentang Benteng Belgica di Banda Neira Maluku? Anda yang senang menghabiskan waktu liburan berwisata ke tempat-tempat bersejarah mungkin sudah tidak asing lagi dengan lokasi-lokasi tersebut. Benteng Belgica di Banda Neira adalah monumen sejarah era VOC.

Benteng Belgica dalam Sejarah Banda Neira

Maluku, yang terletak di Indonesia Timur, terkenal dengan palanya pada masa kolonial. Bahkan saat itu, para penakluk menganggap pala sebagai emas hitam. Karena adanya monopoli perdagangan pala, mereka mendirikan Benteng Belgica.

Benteng Belgica ditampilkan sebagai saksi bisu perlawanan rakyat Banda terhadap penjajah. Sekilas, benteng ini tampak biasa-biasa saja. Namun, jika Anda melihatnya dari atas, itu tampak seperti segi lima.

Tampilan Benteng Belgica

Benteng Belgica terkenal karena kemiripannya dengan markas militer Amerika yang paling kuat, Gedung Pentagon. Ada berbagai fitur yang membedakan Benteng Belgica, Banda Neira, Maluku, dan bangunannya. Selain itu, ada 5 menara pandang dari setiap sudut benteng.

Meski sudah tua, benteng ini masih kokoh berdiri hingga saat ini. Posisi benteng ini di atas bukit juga memudahkan prosedur pengawasan. Khusus untuk melihat daerah Banda dan Neira.

Anda harus menaiki tangga terlebih dahulu untuk memasuki pintu utama Benteng Belgica. Benteng ini terletak di Bukit Tabaleku yang tingginya 30 meter. Setiap sudut benteng memiliki menara yang digunakan untuk memantau aktivitas musuh.

Tembok benteng memiliki lima sisi, yang masing-masing berfungsi sebagai aspek pertahanan. Sudut luar dibangun seperti balkon dan dikenal sebagai bastiong.

📷 @rahaps_

Ada 23 pintu dengan jendela melengkung di sepanjang dinding. Selanjutnya terdapat 23 ruangan dengan berbagai fungsi di dalamnya. Dimulai dengan semacam ruangan untuk polisi dan berlanjut ke ruang tahanan.

Ketika Anda pergi ke puncak Fort Belgica, Anda akan melihat bahwa meriam masih ada. Meriam ini terletak di dekat tepi laut. Ini tidak diragukan lagi efektif untuk menghalangi musuh yang mendekat.

Selain itu, ada tangga di sudut benteng yang menuju ke menara. Namun, Anda harus berhati-hati saat mengendarainya. Karena anak tangga sekarang sudah berkarat, Anda harus berhati-hati saat memasangnya.

Area Sekitar Benteng Belgica

Fort Belgica diatur dengan latar belakang gunung berapi Banda Api yang menakjubkan. Pemandangan desa-desa komunitas tetangga dapat dilihat di sebelah timur dan utara.

Ada juga rumah pengasingan Bung Hatta di sisi tenggara benteng, persis di dekat kompleks Benteng Belgica.

Benteng Belgica didirikan sebagai hasil dari perbaikan Benteng Nassau, yang terletak di pantai. Ketika ada tentangan dari komunitas Neira, tempat itu juga relatif mudah dijangkau.

Luas Benteng Belgica adalah 2.707 meter. Benteng ini terkenal di zaman kuno karena monikernya yang tidak biasa. Mahkota Lima Titik keluarga Nassau, yang berfungsi sebagai penjaga Banda. Benteng ini terkenal sebagai markas militer Belanda.

Benteng Belgica di Banda Neira, Maluku, kini menjadi tujuan wisata populer. Untuk sampai ke sana, Anda harus terlebih dahulu melintasi Laut Ambon naik Kapal ke Banda Neira, yang hanya beroperasi dua kali dalam seminggu.

About Author

Allan Latar

Kapala Tidor & Suka Baronda Twitter @allnlatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *