Wednesday, February 1, 2023

Air Terjun Talaga Pange, Surga Tersembunyi di Pulau Ambon

Must Read
Baronda Maluku
Baronda Malukuhttps://www.barondamaluku.com
Kapala Tidor & Suka Baronda Twitter @allnlatar

Pulau Ambon dikenal sebagai salah satu tempat wisata pantai terindah di Indonesia, dengan destinasi-destinasi seperti Pantai Liang, Natsepa, dan banyak lagi yang biasanya dikunjungi oleh warga di akhir pekan. Namun, ternyata Pulau Ambon juga memiliki air terjun eksotis yang tidak kalah indah.

Air Terjun Telaga Pange adalah salah satu air terjun tersebut, yang terletak di Desa Rumah Tiga, sekitar 15 km dari kota Ambon. Air Terjun Telaga Pange di Pulau Ambon merupakan salah satu tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Air terjun ini memiliki ketinggian hampir 40 meter, yang membuat pesona objek wisata ini semakin menarik. Di bawah air terjun, terdapat danau-danau kecil yang cukup dalam dan bening, sehingga tempat ini kerap dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berenang, melompat, atau terjun menggunakan akar yang menggantung.

Objek wisata ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal, tetapi juga terkenal di kalangan wisatawan luar kota. Keindahan salah satu objek wisata di Maluku ini tak ada habisnya untuk di eksplorasi, meskipun terletak jauh di dalam hutan dengan akses yang menantang. Tetapi, tidak menyurutkan minat para wisatawan untuk mengunjunginya.

air terjun talaga pange
📷 @iantuhu.jpg

Cara Menuju Air Terjun Talaga Pange

Untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Telaga Pange di Pulau Ambon, traveler harus menuju Dusun Taeno, Kecamatan Teluk Ambon, yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Ambon. Dari sana, petualangan dimulai dengan berjalan kaki selama kurang lebih satu jam dengan rute naik turun bukit serta menyusuri aliran sungai.

Perjalanan tidak akan terasa membosankan karena traveler akan disuguhkan pemandangan pepohonan yang asri dan bebatuan yang berada di tepi sungai. Selain itu, gemercik suara air dan sesekali terdengar suara burung akan menemani trekking menuju Air Terjun Talaga Pange.

Baca Juga  Air Terjun Waisia Negeri Rumahkay

Medan trekking berupa tanjakan curam dan masih didominasi oleh tanah, sehingga traveler harus berhati-hati jika sedang musim hujan karena bisa sangat licin. Perlu diperhatikan juga untuk memakai alas kaki yang sesuai untuk trekking. Selama perjalanan, traveler tidak akan menjumpai warga sekitar karena lokasi air terjun berada di tengah-tengah hutan.

Bila merasa kelelahan saat naik turun tanjakan yang curam, traveler bisa beristirahat di tepi sungai yang memiliki air yang jernih dan terasa dingin. Namun, wisata alam ini tidak cocok untuk dikunjungi oleh anak-anak karena medan yang berat.

air terjun talaga pange
📷 @amha_rumasoreng

Tips untuk kamu yang ingin berkunjung

Air Terjun Telaga Pange merupakan salah satu objek wisata yang menawarkan keindahan alam yang tak ternilai harganya. Meskipun akses ke lokasi air terjun masih belum memadai, hal tersebut tidak menyurutkan minat para wisatawan untuk berkunjung. Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, namun disarankan untuk membawa bekal sendiri dari rumah selama perjalanan.

Selain makanan dan minuman, anda juga harus membawa peralatan keselamatan yang memadai saat memasuki Hutan Taeno hingga menuju ke Talaga Pange. Usahakan memakai sepatu hiking yang nyaman dan pakaian yang aman untuk menyusuri alam liar. Jadi, jika Anda tertarik mengunjungi Air Terjun Telaga Pange, segera siapkan peralatan liburan Anda untuk menikmati keindahan yang tersaji di sana

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Pulau Nailaka: Pulau Cantik di Banda Yang Tidak Berpenghuni

Pulau Nailaka berada di bagian paling barat dari kepulauan Banda yang tepat berada di samping dari Pulau Rhun sehingga...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img