Menjelajahi Pulau Dodola: Surga Tersembunyi dengan Jejak Sejarah Perang Dunia II

Menjelajahi Pulau Dodola: Surga Tersembunyi dengan Jejak Sejarah Perang Dunia II

Jauh dari hiruk pikuk Jakarta, terhampar Pulau Dodola, mutiara tersembunyi di Kepulauan Maluku Utara. Dijuluki sebagai Pulau Surga, Dodola memanjakan mata dengan pantai berpasir putih yang berkilauan dan air laut sebening kristal.

Pulau Dodola, bagaikan permata tersembunyi di antara gugusan pulau Morotai, Maluku Utara. Hamparan pasir putihnya yang luas, dihiasi deretan pepohonan rindang, dan gradasi biru air laut yang memukau, menghadirkan panorama khas pulau tropis yang memanjakan mata. Keindahan alamnya tak hanya memanjakan mata, Pulau Dodola juga menawarkan petualangan unik yang tak terlupakan: berjalan kaki di atas laut.

Pulau Dodola. Morotai - Maluku Utara
Pulau Dodola. Morotai – Maluku Utara

Ya, Anda tidak salah baca! Saat air laut surut, sebuah fenomena alam yang menakjubkan terjadi di Pulau Dodola. Gumukan pasir putih muncul di antara Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil, menciptakan “jembatan” alami yang memungkinkan Anda untuk menyeberang dari satu pulau ke pulau lainnya dengan berjalan kaki. Sensasi berjalan di atas permukaan laut yang jernih, dikelilingi oleh panorama bahari yang memukau, akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Lebih dari sekadar pantai yang indah, Dodola menyimpan cerita sejarah yang memukau. Pulau ini menjadi saksi bisu pertempuran sengit antara pasukan Sekutu (Amerika-Australia) dan Jepang dalam Perang Dunia II. Jejak peperangan masih terukir di dasar laut dan daratan, menjadi daya tarik bagi para penyelam dan pencinta sejarah.

Pulau Dodola - Morotai - Maluku Utara
@kadekarini

Bagi pecinta diving, Dodola bagaikan surga bawah laut. Di Wawama Wreck Dive Point, Anda dapat menjelajahi bangkai Jeep Willys dan pesawat tempur Bristol Beaufort yang tergeletak di kedalaman 25 hingga 40 meter. Sensasi menyelami sisa-sisa sejarah ini akan membawa Anda kembali ke masa lampau, membayangkan dahsyatnya pertempuran yang pernah terjadi.

Baca Juga  Fakta Sejarah Banda Neira, Yang Jarang Diketahui Orang

Dodola bukan hanya tentang pantai dan sejarah. Pulau ini juga menawarkan berbagai aktivitas menarik lainnya, seperti snorkeling, trekking, dan wisata budaya. Berinteraksi dengan penduduk lokal yang ramah dan bersahabat akan menambah pengalaman Anda di Pulau Dodola.

Pulau Dodola,Morotai - Maluku Utara
Pulau Dodola,Morotai – Maluku Utara

Menjelajahi Pulau Dodola bukan hanya tentang berlibur, tetapi juga tentang belajar dan merasakan atmosfer sejarah. Di sini, Anda akan menemukan perpaduan sempurna antara keindahan alam, budaya yang kaya, dan jejak sejarah yang memukau. Dodola adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para penjelajah sejati yang ingin merasakan pengalaman yang tak terlupakan.

Tips:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Dodola adalah antara bulan April dan Oktober saat cuaca cerah dan minim hujan.
  • Anda dapat mencapai Pulau Dodola dengan penerbangan dari Bandara Ternate ke Bandara Daruba, kemudian melanjutkan perjalanan dengan perahu selama 30 menit.
  • Tersedia berbagai pilihan akomodasi di Pulau Dodola, mulai dari homestay hingga resort mewah.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera bawah laut untuk mengabadikan keindahan terumbu karang dan bangkai kapal di Dodola.
  • Hormati budaya dan tradisi lokal saat berkunjung ke Pulau Dodola
About Author

Baronda Maluku

Kapala Tidor & Suka Baronda Twitter @allnlatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *